Tim Dinkes Banyuasin Jemput Shafira di RSCM Jakarta

KABUPATEN BANYUASIN  KAMIS, 30 JUNI 2016 , 19:59:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Tim Dinkes Banyuasin Jemput Shafira di RSCM Jakarta

Kadinkes Kabupaten Banyuasin memimpin penjemputan Shafira/RMOLSumsel-rik

RMOL.Shafira Putri Novajuwa, balita berusia 7 bulan pengidap penyakit jantung yang sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terpaksa dibawa pulang.
>
> Warga Perumahaan Griya Citra Kelurahan Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa ini dijemput tim Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin. Tim dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin  dr H Mgs M Hakim MKes.
>
Shafira yang telah dirawat sejak pertengahan Maret lalu terpaksa dipulangkan. Karena pihak RSCM telah angkat tangan dengan kondisi kesehatan putri ketiga pasangan Nasution dan Maryani ini.
>
Hakim menjelaskan, sebelumnya Shafira sempat dirawat di RSMH dengan keluhan awal berupa sesak nafas. “Dari rekam medisnya Shafira dirawat selama 13 hari di RSMH” terangnya.

Shafira dirawat karena pihak keluarga membawa balita ini dalam kondisi sesak nafas.

“Walaupun dari awal sudah ada kecurigaan ke arah jantung, karena ada ciri-ciri biru pada ujung jari kaki dan tangan, juga bibirnya,”lanjut Kadinkes.
>
Setelah dirawat selama 13 hari diketahui bahwa Shafira menderita VSD atau Ventricular Septal Defect (lubang pada sekat bilik jantung). Penyakit ini merupakan salah satu penyakit jantung bawaan dan tercatat angka kejadiannya sekitar 8 �" 10 bayi dari 1000 kelahiran hidup.
>
Selama perawatan di RSCM, Shafira telah mengalami tindakan pengikatan, namun ketika selanjutnya akan dilakukan tindakan operasi diketahui bahwa kondisi paru-paru Shafira juga dalam keadaan yang tidak baik. Dengan kondisi ini, dokter tidak bisa melanjutkan operasi karena dikhawatirkan akan membahayakan bagi kondisi Shafira.
>
Saat ini Shafira sangat tergantung dengan ventilator sebagai alat pernafasan. Karena tidak bisa dilakukan tindakan apa-apa untuk jantung Shafira, pihak RSCM memutuskan untuk merujuk balik Shafira kembali ke  Rumah Sakit Mohammad Husein Palembang (RSMH).
>
> Ayah Shafira, Nasution menceritakan, perawatan Shafira selama di RSCM memang ditanggung BPJS, namun biaya hidup yang dikeluarkan untuk dia dan istrinya telah membuat dia tidak memiliki simpanan lagi saat ini. Di ujung telp dia menceritakan bahkan dia sampai dipecat dari pekerjaannya karena cukup lama tidak bekerja demi menemani Shafira di RSCM.
>
Karena tidak memiliki biaya, Pihak RSCM menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dan mengabarkan keberadaan pasien asal Banyuasin yang membutuhkan bantuan untuk dipulangkan.

Diketahui, dengan perjalanan darat pemulangan Shafira membutuhkan biaya sebesar Rp. 40 juta, sementara dengan pesawat terbang lebih besar lagi, yaitu Rp 80 juta.

>
Pemkab Banyuasin melalui Dinas Kesehatan memutuskan menjemput Shafira melalui pesawat udara. Hal ini mengingat kondisi kesehatan Shafira yang sangat lemah untuk melakukan perjalan jauh dan melelahkan.
>
> Saat berita ini diturunkan Shafira telah berada dalam perawatan di Rumah Sakit Mohammad Husein Palembang. [ida]
>

Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00