Reformulasi GBHN Perlu Gerakan Nasional

Sosial  SABTU, 11 JUNI 2016 , 09:20:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Reformulasi GBHN Perlu Gerakan Nasional
RMOL. Konstruksi Garis besar haluan negara (GBHN) Dinilai dapat menjadi acuan kembali program pembangunan nasional yang berkesinambungan. Meski hal tersebut, harus melalui berbagai proses hukum dan amandemen perundang-undangan.

Hal itu dikatakan Anggota Komite III DPD RI, Abdul Aziz dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Palembang, Jumat (10/6).

Menurut Aziz, wacana pengembalian GBHN memang perlu pemikiran dan gerakan bersama dari seluruh elemen bangsa. “Pemerintah, MPR, DPR, dan DPD RI harus dilakukan lewat gerakan bersama. Dan rekonstruksi tersebut harus mendapat tanggapan dari berbagai elemen,”jelas Aziz.

Dia mengungkapkan, untuk merekonstruksi hal tersebut memang tidak mudah. Karena dari sisi hukumnya untuk mengubah GBHN sebagai landasan negara harus dikembalikan dalam sisi hukum dan politiknya.“Aturan yang ada saat ini sangat komplek, GBHN telah dihapuskan lewat pasca amandemen kelima UU 1945,”kata dia.

Aziz menjelaskan, GBHN merupakan landasan pembangunan pada orde baru, tetapi selama 32 tahun lebih GBHN telah menjadi landasan pembangunan yang masiv dan memberikan hasil yang terukur. “GBHN kemudian menjadi tolok ukur pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden. Namun, di era saat ini setelah amandemen, maka rencana program jangka panjang (RPJP) yang menggantikannya terjadi perbedaan yang cukup signifikan dalam proses ketatanegaraan,”jelas Aziz.

Senada dikatakan Kepala Biro Koran Sindo Palembang, Boy Iskandar. Menurut dia, memunculkan kembali GBHN sebenarnya bukan persoalan besar karena program GBHN sama halnya dengan Rancangan Program Jangka Panjang atau RPJP. “namun untuk menggantikan RPJP kepada GBHN harus dilakukan penelitian yang komprehensif. Apakah lebih besar manfaatnya atau sebaliknya jika GBHN dikembalikan, meski essensinya sama denga RPJP,”pungkas Boy. [yip]

Komentar Pembaca
Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00