Antisipasi Karhutla, Pemkab Banyuasin Siagakan Pasukan

KABUPATEN BANYUASIN  SENIN, 06 JUNI 2016 , 08:46:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Antisipasi Karhutla, Pemkab Banyuasin Siagakan Pasukan

Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian/net

RMOL.Langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebagai bagian upaya menciptakan Banyuasin Bebas Asap Tahun 2016 terus menjadi perhatian khusus Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian.

Keseriusan itu ditunjukkan dengan kesiapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin. BPBD telah menyiagakan Pasukan Pencegahan Karhutla di berbagai wilayah di daerah ini.

Bupati menyatakan, kesiapan Pasukan Pencegahan Karhutla merupakan komitmen bersama dalam upaya mencegah karhutla di wilayah Kabupaten Banyuasin. Pencegahan karhutla di Bumi Setudung Sedulang ini dilakukan melalui darat dan udara.

"Antisipasi karhutla dilakukan untuk menegaskan komitmen pencegahan bencana karhutla Pemkab Banyuasin, TNI-Polri serta Basarnas Provinsi Sumsel," katanya kemarin.

Yan menginstruksikan seluruh camat berperan aktif memimpin tim gabungan pencegahan karhutla di daerah masing - masing. Sebab kini pencegahan karhutla bukan hanya menjadi fokus BPBD dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Banyuasin.

"Tanggungjawab itu dibebankan ke seluruh dinas dan badan di Pemerintah Kabupaten Banyuasin," jelasnya.

Lebih lanjut bupati mengingatkan seluruh dinas dan badan, agar upaya pencegahan akan lebih baik. Yan juga kembali mengingatkan komitmen perusahaan perkebunan untuk bersama-sama mencegah terjadinya karhutla.

"Tahun 2015 di Kabupaten Banyuasin terdapat 355 hotspot yang tersebar di 19 kecamatan. Kecamatan Banyuasin II menjadi yang paling banyak terdapat titik api," tegasnya.

Terkait perombakan tim yang kini melibatkan seluruh badan dan dinas, Bupati menegaskan hal itu tidak akan menganggu proses persiapan pencegahan karhutla.

"Bahkan nantinya akan memudahkan upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla," katanya.

Kepala Badan Kesbangpol dan BPBD Banyuasin Ali Leman Arsyad menegaskan, upaya pencegah bukan hanya akan dilakukan melalui darat.

"Namun juga melalui udara dengan menggunakan helikopter milik Basarnas, yang khusus beroperasi untuk wilayah Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin,"katanya. [ida]


Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00