Gelar Pelatihan, Banyuasin Bangun Lumbung Pangan di Tiap Kecamatan

KABUPATEN BANYUASIN  SELASA, 31 MEI 2016 , 11:30:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

RMOL.Kelompok lumbung pangan di setiap kecamatan menjadi ujung tombak keberhasilan untuk sentral produksi beras. Untuk itu Badan Ketahanan Pangan (Baketpan) Kabupaten Banyuasin memberikan bimbingan mengenai teknis penanganan pasca panen.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (Baketpan) Kabupaten Banyuasin Hj Anna Auzanna mengatakan, ada 210 petani pengurus kelompok lumbung pangan yang tergabung dalam 5 angkatan. Masing-masing angkatan terdiri dari 42 orang yang mengikuti kegiatan ini.

"Kegiatan ini diselenggaran secara bertahap mulai dari tanggal 19 Mei sampai 3 Juni 2016 nanti. Dalam satu tahapan kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, dan diikuti oleh 42 peserta atau perangkatan," jelas Anna kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, Selasa (31/5).


Mereka terdiri dari 210 petani pengurus kelompok lumbung pangan dari 35 desa yang tersebar di 9 kecamatan. Semua kecamatan ini menjadi daerah sentral produksi beras dalam Kabupaten Banyuasin.

"Masing-masing narasumber memiliki peran dan pengetahuan yang kita anggap layak untuk diberikan kepada para petani pengurus kelompok lumbung pangan ini," ujarnya.

  

Sebab, menurut dia, Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola lumbungan pangan yang ada, belum sepenuhnya menguasai teknis penggunaan dan pemeliharaan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) serta cara pengelolaan cadangan pangan.


"Sehingga kita anggap perlu melakukan sosialisasi ini. Karena masih banyak petani kita yang belum begitu paham dengan penggunaan dan perawatan alsintan yang baik dan benar," terangnya. 


Lebih lanjut Anna Suzanna mengatakan, meningkatkan kualitas pangan dan cadangan pangan yang dihasilkan oleh kelompok lumbung pangan tersebut.Agar  dapat meningkatkan fungsi lumbung pangan sebagai penyedia cadangan pangan dan lembaga distribusi di Banyuasin.


Dia juga berharap, setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini, para pesereta dapat menerapkan juga ilmu yang didapatkan kepada petani lainnya.


"Sehingga, para petani lainnya bisa mendapatkan pengetahuan juga tentang   pengelolah lumbungan pangan yang baik dan cara mengoperasikan serta merawat alsintan yang benar," katanya. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00