Bupati:Tahun 2016, Banyuasin Bebas Kabut Asap

KABUPATEN BANYUASIN  KAMIS, 26 MEI 2016 , 08:17:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Bupati:Tahun 2016, Banyuasin Bebas Kabut Asap
RMOL.Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian bertekad akan mewujudkan Kabupaten bebas kabut asap pada tahun 2016. Penyataan ini disampaikannya dalam Apel Siaga Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang digelar di lapangan upacara Kantor Bupati Banyuasin, Rabu, 25 Mei 2016.


Bupati juga menyatakan bahwa Karhutla merupakan musuh besar bagi semua pihak. Tidak hanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) bagi manusia, Karhutla juga menyebabkan terganggunya keseimbangan hidup flora dan fauna.


Untuk itu, Yan mengharapkan sinergitas semua pihak agar bencana kabut asap yang terjadi pada tahun lalu tidak akan terjadi lagi ditahun 2016 ini.

“Pencegahan kebakaran hutan dan lahan tidak bisa dilakukan secara parsial, hanya manggala agni saja, Kesbangpol Linmas saja, Dishutbun saja. Tetapi menuntut kerja sama tim dari semua pihak,” katanya kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel..


Pencegahan Karhutla, lanjutnya, harus dilakukan secara bahu membahu, baik itu masyarakat, perusahan perkebunan hingga instansi pemerintah. Karena itu, Yan meminta semua pihak memiliki rasa tanggung jawab yang sama. Diharapkannya, masyarakat tidak lagi melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

Bupati pun menjanjikan, ia akan terus berkeliling memantau persiapan masing-masing perusahan perkebunan yang ada di Kabupaten Banyuasin menghadapi pencegahan karhutla ini.

“Akan kita cek kesiapannya, mulai dari peralatan, sumber daya manusianya, sistemnya, dan semua yang berkaitan dengan komitmen untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan,” tegas Yan Anton.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesbangpol Kab. Banyuasin Ali Leman Arsyad menyampaikan,  tim penanggulangan dan pencegahan bencana kabut asap tidak hanya berasal dari BPBD dan Kesbangpol. Sebagain juga terdapat personel dari Polres Banyuasin, Kodim 0401/Muba-Banyuasin, Yonzikon 12-KJ Dinas Kesehatan, Manggala Agni, Tagana, Dishubkominfo, Satpol PP, dan Relawan Bencana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Banyuasin AKBP Prasetyo Rahmat Purboyo S.Ik.MH, Perwakilan Basarnas Provinsi Sumsel Marwan, Danramil Pangkalan Balai Kapten Heru Subara, dan para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Banyuasin. [ida]


Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00