Terapkan Teknologi Cyber Extension

Tenaga Penyuluh di Banyuasin Dilengkapi Android

KABUPATEN BANYUASIN  RABU, 11 MEI 2016 , 13:53:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Tenaga Penyuluh di Banyuasin Dilengkapi Android

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Banyuasin, Ir Babul Ibrahim/RMOLSUMSEL

RMOL.Salah satu inovasi teknologi yang berkembang dalam dunia pertanian adalah cyber extension. Program yang dikembangkan Kementerian Pertanian sejak tahun 2009 ini menyediakan informasi pertanian melalui internet dan kini tengah dipersiapkan untuk diterapkan di Kabupaten Banyuasin.

Untuk menerapkan aplikasi berbasis teknologi informasi ini Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian  tengah mempersiapkan sarana berupa Android yang akan dijadikan inventaris bagi 163 tenaga penyuluh di Bumi Sedulang Setudung.

Dijelaskan Yan Anton Ferdian, cyber extension merupakan terobosan baru dalam sistem penyuluhan pertanian, khususnya dalam penyediaan materi penyuluhan guna membantu penyuluh, petani, dan pelaku usaha dalam mengatasi keterbatasan bahan informasi pertanian.

"Melalui lamannya yaitu http://cybex.pertanian.go.id/, Kementerian Pertanian menyediakan fasilitas informasi yang berisi mengenai kebijakan penyuluh, materi penyuluhan, materi spesifik lokalita, dan diseminasi teknologi pertanian. Tehnologi ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi pertanian berbasis web terpadu, terintegrasi, tepat guna dan bermanfaat bagi penyuluh, kelembagaan penyuluhan serta para pelaku agribisnis ataupun masyarakat petani pada umumnya," kata Yan Anton Ferdian SH kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, Rabu (11/5).

Cyber extension merupakan media komunikasi inovasi yang bersifat hybrid dan konvergen yang memanfaatkan jaringan internet, komunikasi melalui komputer dan multimedia interaktif digital seperti Android untuk menjembatani proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi baru di bidang secara cepat.

Pengguna dalam hal ini tenaga penyuluh dapat memanfaatkannya untuk kegiatan pelayanan data dan informasi yang memadai sehingga dapat memfasilitasi proses pembelajaran penyuluh dan petani. 

"Selain itu, melalui cyber extension, penyuluh dapat berinteraksi dengan penyuluh lain, pelaku utama, dan pelaku usaha lainnya sehingga komunikasi lebih praktis," kata Yan Anton.

Di sisi lain teknologi ini juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan data dan informasi penyuluhan, khususnya membantu memperlancar dan mempermudah fasilitasi kepada pelaku penyuluhan terutama para penyuluh pertanian, baik penyuluh pertanian PNS, swasta, maupun swadaya.

"Ke depan, petani akan mudah mendapat informasi baik melalui penyuluh yang mendampingi maupun langsung mengakses website cyber extension," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin dalam hal ini mendapat kesempatan untuk mengembangkan sistem informasi pertanian berbasis web yang terpadu, terintegrasi, tepat guna dan bermanfaat bagi penyuluh tersebut.

"Kita tinggal menunggu persetujuan dari Kementrian Pertanian dan mendapat dukungan dana guna melengkapi tenaga penyuluh berupa Android. Nantinya setiap penyuluh akan diberikan masing-masing satu Android. Tetapi perlu di ingat Android ini inventaris bukan hak milik," tegasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Banyuasin, Ir Babul Ibrahim menambahkan, sejauh ini program ini masih digodok di Kementerian Pertanian RI.

"Kita sudah mengajukan bantuan dana untuk pembelian Android yang diperuntukan kepada 163 tenaga penyuluh. Melihat kondisi yang ada kemungkinan baru dapat direalisasikan pada 2017 mendatang," pungkasnya.[sri]


Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00