Kapal Ketek, Mainan Jadul yang Masih Diburu

Ragam  MINGGU, 01 MEI 2016 , 17:58:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Kapal Ketek, Mainan Jadul yang Masih Diburu

RMOLSumsel

RMOL. Ditengah maraknya mainan anak-anak yang serba canggih saat ini, mainan kapal ketek yang terbilang jadul (zaman dahulu) ternyata masih banyak diburu anak-anak perkotaan.

Ya, cukup sulit mendapatkan mainan kapal ketek di pasaran. Di Kota Palembang tepatnya di Pasar 16 Ilir Palembang hanya dapat dijumpai segelintir penjual mainan kapal ketek.

Eci (26) salah satunya. Penjual mainan kapal ketek ini setiap hari menjajakan kapal ketek kepada pengunjung pasar yang melintas didepan lapaknya yang berada tepat disamping Gedung Pasar 16 Ilir Palembang.

Menurutnya mainan tersebut dinamai kapal ketek lantaran kapal-kapalan berukuran kecil ini mengeluarkan bunyi yang terdengar ketek-ketek saat dimainkan.

Cara memainkannya cukup sederhana, hanya dengan menyalakan sumbu kapas yang telah disiram bahan bakar berupa minyak goreng, kapal ketek yang biasa dimainkan didalam baskom berisi air ini akan melaju bak kapal yang biasa melaju cepat di Sungai Musi.

"Gampang mainnya, bakar sumbu kapas yang sudah disiram minyak sayur, kapal keteknya dipancing air, terus tunggu bentar kapal ketek jalan," ujar Eci.

Bujangan yang tinggal di Kawasan Tangga Buntung Palembang ini mengaku mendapatkan untung yang lumayan dari berjualan kapal ketek.

Setiap hari dirinya terkadang menjual 10 sampai 15 buah kapal ketek. Persatunya, kapal ketek dijualnya Rp 10 ribu. Pembelinya bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun kerap membeli mainan lawas ini.

"Walau ado mainan mobil remot, robot-robotan yang serba canggih, tapi kapal ketek ini masih banyak dicari anak-anak. Aku beli di toko mainan, terus kujual lagi. Lumayanlah untung dari jualan ini biso untuk makan sehari-hari," tukasnya. [rhd]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00