Tanggapi Amien Rais, Ahok Dituding Keterlaluan

Laporan: Ruslan Tambak

Politik  SELASA, 26 APRIL 2016 , 10:19:00 WIB

Tanggapi Amien Rais, Ahok Dituding Keterlaluan

saleh p dualay

RMOL. Pernyataan dan sikap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam menanggapi kritik yang disampaikan mantan Ketua MPR RI Amien Rais Amien Rais dinilai sangat berlebihan dan melampaui batas kewajaran.


Demikian disampaikan mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Saleh P. Daulay kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (26/4).

Menurut Saleh, pernyataan Ahok telah membenarkan pendapat yang berkembang selama ini, bahwa Ahok adalah pejabat yang anti kritik dan ingin benar sendiri.

"Pernyataan dan sikap itu juga sekaligus pembenaran terhadap pernyataan Amien Rais bahwa Ahok tidak pantas menjadi pemimpin," kata Saleh, yang juga Ketua Komisi VIII DPR.

Pemimpin itu, lanjut Saleh, harus siap mendengar dan merenung. Jangan sampai kritik proporsional dan aktual direspon dengan sikap kebencian.

"Bagaimanapun harus diakui, Ahok bisa jadi Gubernur DKI seperti sekarang tidak lepas dari perjuangan tokoh reformasi sekelas Amien Rais," tukas Saleh.

Sebelumnya, Amien Rais menilai Ahok adalah sosok yang arogan, Ahok senang menantang berbagai pihak dan keras kepala. Amien pun menyebut Ahok sebagai satu-satunya pemimpin yang merasa paling benar dan ingin memboyong kebenaran menurut kacamatanya sendiri. Karena itu, Amien menyatakan Ahok tidak layak menjadi seorang pemimpin.

"Ini bukan masalah SARA, tetapi dia memang tidak layak menjadi pemimpin. Jangankan presiden, gubernur saja bagi saya kurang pantas," kata Amien, Minggu (24/4).

Ahok tidak terima dengan komentar Amien itu. Dia lantas menyinggung penghargaan aktor demokrasi yang pernah diberikan Amien kepadanya pada akhir 2006. Saat itu, Ahok masih menjadi Bupati Belitung Timur. Dia juga masih ingat bahwa Amien pernah menitipkan perjuangan demokrasi reformasi Indonesia kepadanya.

"Dia ngomong sama saya, 'Saya titipkan perjuangan demokrasi reformasi Indonesia kepada kamu.' Saya dikasih pin, pakai emas lagi," kata Ahok, Senin (25/4). "Kamu ingatkan saja ke dia, mungkin dia sudah tua, pikun," ucap Ahok menambahkan. [rus]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00