Zulhas Inginkan GBHN Berlaku di Masa Depan

Politik  RABU, 30 MARET 2016 , 15:40:00 WIB

Zulhas Inginkan GBHN Berlaku di Masa Depan

Zulkifli Hasan/NET

RMOL. Setidaknya ada dua pandangan berbeda terkait amandemen UUD 1945.

Pertama dari kelompok yang menentang dan ingin mempertahankan konstitusi dasar itu tanpa perubahan serta mendorong dikembalikannya Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Begitu dikatakan Ketua MPR, Zulkifli Hasan dalam sambutannya di acara Konvensi Nasional Haluan Negara hasil kerja sama FKPPI, Aliansi Kebangsaan dan Forum
Rektor di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (30/3).

Bagi yang mendorong amandemen, mereka menilai tidak adanya GBHN merupakan penyebab arah pembangunan di Indonesia menjadi semakin tidak jelas.

Zulhas, begitu Zulkifli Hasan biasa disapa, mengklaim hampir semua fraksi di MPR sepakat adanya GBHN. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak, termasuk Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang selama ini telah mendukung dikembalikannya haluan negara.

Meski mendapatkan banyak dukungan, Zulhas bersama pimpinan MPR lainnya tetap berhati-hati dalam amandemen UUD 1945. Hal itu sesuai dengan amanat pasal 37 UUD 1945 yang mengatakan amandemen harus dilakukan dengan hati-hati.

"Jelas mana yang diubah dan bagaimana perubahannya. Sebelum dilakukan (amandemen), juga harus melalui proses panjang, termasuk seminar di 50 perguruan tinggi," paparnya.

Ia membantah adanya pendapat miring yang mengatakan bahwa pihaknya getol memperjuangkan dikembalikan GBHN semata-mata untuk memperluas kekuasaan MPR yang dipimpinnya. Justru menurut dia, sebaiknya GBHN berlaku di kepemimpinan MPR berikutnya.

"Jadi saya ingin ini berlakunya untuk MPR yang akan datang. Semata mata untuk kepentingan bangsa dan negara. Tidak ada kepentingan kami sekarang," tegasnya.[wid]


Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00