Groundbreaking Pembangunan 32 Ribu Jargas Dilakukan Oleh Menteri ESDM RI

advertorial  SELASA, 22 MARET 2016 , 13:03:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Groundbreaking Pembangunan 32 Ribu Jargas Dilakukan Oleh Menteri ESDM RI

pemencetan sirine penanda diresmikannya pembangunan jargas 32 ribu

RMOL. Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said hadiri peresmian dan groundbreaking proyek infrastruktur energi Sumatera bagian Selatan di alun alun taman Kota Prabujaya Kota Prabumulih.

Proyek pembangunan insfrastruktur migas yang dimaksud berupa pembangunan 32 ribu sambungan baru jaringan gas rumah tangga atau gas kota dan Stasiun Pengisian bahan bakar gas (SPBG).

Dalam Groundbreaking tersebut, orang nomor satu di Kementerian ESDM ini didampingi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin,  Direktur SDM dan Umum PT Pertamina (Persero) Dwi Wahyu Daryoto dan Presiden Direktur (Presdir) Pertamina Gas, Hendra Jaya dan Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya.

Dengan dibangunnya jaringan gas kota sebanyak 32 ribu dan ditambah 8 ribu sambungan yang telah beroperasi, 90 persen lebih masyarakat Kota Prabumulih kedepan dapat menikmati gas kota.

[KIRI]1458628682.jpg[/KIRI] Tak hanya itu, keseriusan Kota Prabumulih dalam mengelola gas kota ini juga, membuat Kota Prabumulih dinobatkan sebagai Kota percontohan gas nasional.

Dalam Sambutannya, Menteri ESDM, Sudirman Said mengungkapkan proyek pembangunan 32 ribu sambungan ini merupakan salah satu upaya guna mengoptimalkan penggunaan gas bumi sebagai bentuk diversifikasi energy.

"Kota Prabumulih menjadi kota yang menerima program sambungan gas kota terbanyak di indonesia, yang didanai oleh APBN dengan total nilai proyek sebesar Rp 543,8 Milyar," Ungkapnya.

Lebih lanjut, Sudirman mengatakan untuk  pembangunan gas kota dan SPBG tersebut,  Kementerian ESDM menunjuk Pertamina Gas. Dan pengerjaam proyek tersebut ditargetkan selesai pada desember 2016 ini,

"Prabumulih merupakan kota yang dianggap berhasil dalam pembangunan jaringan gas kota dan sangat kooperatif dalam pengembangan insfrastruktur gas di wilayahnya. Inilah alasan kenapa Kota Prabumulih mendapatkan jargas," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, berharap Pemerintah Pusat dan Pertamina memperhatikan daerah daerah penghasil migas seperti Sumsel khususnya Kota Prabumulih.[KANAN]1458628523.jpg[/KANAN]

"Sebagai daerah penghasil migas, Provinsi
Sumsel sangat wajar untuk lebih diperhatikan kesejahteraannya, dan saya bangga gas kota Prabumulih berlangsung dengan baik. 14 kabupaten serta 3 kota di Sumsel lainnya, wajib mencontoh Prabumulih," terangnya.

Sementara itu, Walikota Prabumulih H Ridho Yahya mengapresias Kementerian ESDM yang telah memilih Kota Prabumulih menjadi kota yang menerima pembangunan jaringan gas kota dan SPBG.

"Harapan kita, kedepan seluruh warga Prabumulih bisa merasakan mamfaat jaringan gas kota. Jadi selaku daerah penghasil migas manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat," jelasnya.

Direktur SDM dan Umum PT Pertamina (Persero), Dwi Wahyu Daryoto, menuturkan
Pembanguna proyek gas kota di Prabumulih merupakan bentuk kerjasama setiap lini di Pertamina.

"Gasnya sendiri kami dapatkan dari Pertamina EP, pipanya dari Pertagas, sedangkan pengelolanya adalah dari Pertagas Niaga. ini merupakan bukti komitmen kami sebagai penyedia energi untuk negeri, khusus gas di kota Prabumulih. Dimana sebelumnya Kota Prabumulih [KANAN]1458628575.jpg[/KANAN]  mendapatkan sebanyak 4.650 sambungan, kemudian ditambah sebanyak 2626 lagi, lalu tahun ini ditambah sebanyak 32 ribu sambungan baru, sehingga total sebanyak 93 persen masyarakat bisa menikmati gas kota dan sisanya akan kembali kita selesaikan," tuturnya.

Dalam acara tersebut, hadir pula Sekjen kementerian ESDM RI bersama dengan para Dirjen, Perwakilan Pertamina, Anggota DPD RI utusan Sumsel yakni Asmawati, Siska Marleni dan Hendri Zainudin. Pejabat Pemprov Sumsel,
Wakil Walikota H Andrinasya Fikri, Ketua DPRD H Ahmad Palo beserta anggota, Sekretaris Daerah Pemkot Prabumulih H Djoharuddin Aini, para asisten, para kepala dinas, kepala badan, kepala bagian termasuk Kabag Humas dan Protokol Sri Prameswari Yudistira, unsur muspida Prabumulih, beserta tamu undangan lainnya. [dek/Adv]


Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00