Ketek Danau Ranau Bahayakan Anak Sekolah Hingga Turis

Sosial  SABTU, 20 FEBRUARI 2016 , 14:04:00 WIB

Ketek Danau Ranau Bahayakan Anak Sekolah Hingga Turis

Perahu ketek di Danau Ranau/RMOLSUMSEL

RMOL.Hampir seluruh perahu ketek yang dijadikan sarana tranportasi di Danau Ranau tidak dilengkapi perlengkapan standar keselamatan. Padahal perahu-perahu tersebut bukan saja digunakan pengunjung untuk berwisata, namun juga digunakan sebagai moda transportasi utama warga dan sejumlah anak sekolah yang tinggal di seberang.

Terpantau hampir di setiap perahu ketek tidak memiliki pelampung atau ban yang biasanya disematkan di perahu sebagai sarana keselamatan penumpang. Bisa dibayangkan, bila perahu ketek bermuatan lebih dari 12 orang itu karam, maka seluruh isinya akan ikut tenggelam.

“Seperti inilah ketek disini, tidak ada pelampung atau ban untuk keselamatan, kami setiap hari menggunakan ketek ini hanya pasrah dan berdoa supaya sampai ke tujuan," kata salah satu penumpang ketek bernama Aziz (34) warga Simpang Sender, kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, belum lama ini.

Sementara salah satu pengemudi ketek Mang Udin mengakui jika seluruh ketek yang terdapat di danau Ranau belum memiliki alat-alat untuk keselamatan penumpang.

“Seluruhnya belum ada jangankan penampung, ban saja tidak ada, paling tidak itu sebagai alat keselamatan kalau terjadi perahu ketek karam,”katanya

Ia mengakui untuk menyediakan perlatan tersebut diperlukan biaya, seperti pelampung karena harganya cukup mahal, pengusaha ketek yang lebih dominan perorangan tidak mampu untuk memnyediakan perlatan standar keselamatan tersebut.

“Untuk beli seperti pelampung kita tidak mampu, kami berharap kalau pemeirntah menyediakan, sehingga seluruh perahu ketek memiliki peralatan kelengkapan penyeberangan untuk keselamatan penupang itu,”katanya

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infromatika Amrolean Thoni mengakui, menyangkut keselamtan penumpang yang menggunakan sarana penyeberangan di perairan Danaua Ranau merupakan hal penting.

“Kedepan ini akan menjadi evaluasi kami untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan,”katanya.

Disamping itu nanti pihaknya bakal memerketat dengan melakukan pengawasan dan menerapkan standar keselamatan bagi setiap sarana transportasi di perairan Danau Ranau. Sebab, banyak transportasi yang tidak memenuhi perlengkapan standar untuk keselamatan penumpang.

"Kedepan kita akan melakukan razia dan memperketat pengawasan terhadap transportasi air. Ada banyak dan hampir seluruhnya tidak memiliki kelengkapan standar untuk keselamatan penumpang," terangnya. [Masnadi]


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00