Ke Lokasi Banjir, Bupati Tawarkan Relokasi

Politik  RABU, 20 JANUARI 2016 , 10:16:00 WIB | LAPORAN:

Ke Lokasi Banjir, Bupati Tawarkan Relokasi

Bupati bersama unsur Muspida memantau banjir di Talang Ubi/RMOLSumsel-whr

RMOL.Mengetahui ratusan rumah warga terendam banjir di Talang Pipa Pelurahan Talang Ubi Barat Kecamatan Talang Ubi, Penjabat Bupati PALI H Apriyadi terjun langsung.

Ia mengunjungi pemukiman yang  letaknya persis di tengah-tengah Ibukota Kabupaten PALI itu.

Dengan menggunakan perahu karet, Apriyadi berkeliling memantau langsung kondisi kelurahan tersebut.

"Intensitas hujan akhir-akhir ini memang cukup tinggi di wilayah kita. Akibatnya, sungai-sungai tidak bisa menampung debit air lalu meluap menggenangi pemukiman warga," kata Apriyadi,Rabu (20/1).



Mantan Kadinsos Provinsi ini mengungkapkan bahwa pemerintah berencana merelokasi warga yang tinggal persis di pinggir Sungai Abab.

"Di Talang Pipa ini, setiap tahun sudah jadi langganan banjir. Kita berencana menawarkan kepada warga untuk direlokasi. Nanti pemerintah akan mencarikan tanah untuk pengganti tempat tinggal mereka. Karena kalau warga  terus berdiam di sini, resikonya sudah tahu sendiri," tambahnya.

Lebihlanjut Apriyadi berjanji akan melakukan normalisasi sungai tersebut.

"Sungai ini memang belum di normalisasi, karena tahun 2015 fokus pada pembuatan jembatannya. Namun di tahun ini kita akan lakukan normalisasi dengan menggunakan APBD kita dan akan meminta bantuan juga ke Provinsi, supaya ketika musim penghujan seperti ini air bisa ditampung dan mengalir tanpa hambatan," ungkapnya.

Apriyadi juga mengimbau masyarakat untuk tetap bersiaga hadapi musim penghujan.

"Saya imbau masyarakat yang dekat bantaran sungai agar tetap waspada dan siap siaga. Karena bukan tidak mungkin hujan kembali turun dan air bertambah tinggi, dan pemerintah sudah siaga dengan mendirikan posko tanggap darurat di dua instansi, yakni di BPBD dan Dinsos," tegasnya.[wahari]


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00