Serunya HPN di Pantai Kuta Lombok

Budaya  SABTU, 02 JANUARI 2016 , 16:35:00 WIB

Serunya HPN di Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok/RMOL

RMOL. Pantai Kuta ternyata tak hanya ada di Pulau Bali, Lombok pun punya nama pantai yang sama dan tak kalah indahnya. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai berpasir putih di Lombok Tengah ini memanjang dari desa Kuta hingga Tanjung Aan yang sekarang berubah nama menjadi kawasan Mandalika seiring dengan adanya program Visit Lombok Sumbawa 2012 dan keinginan untuk lepas dari brand image Pantai Kuta Bali yang sangat kuat.

Nama Mandalika tak lepas dari cerita rakyat di Lombok Tengah yaitu legenda Puteri Mandalika yang menerjunkan dirinya ke laut dan konon dipercaya menjelma menjadi cacing laut yang disebut Nyale dan menjadi salah satu tradisi yang terus dipelihara hingga kini dimana ketika cacing laut menampakan dirinya di tepi pantai Mandalika dilakukanlah tradisi Nyale dimana ribuan orang akan berebut melakukan  Nyale.

"Sekitar akhir Februari biasanya ribuan cacing laut akan menampakan dirinya di pantai Mandalika, dan biasanya didahului dengan angin kencang dan hujan," jelas salah satu warga lombok Mustafa kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat, (1/1).  

Salah satu keunggulan pantai ini adalah airnya jernih dengan ombak tenang yang memikat. Pada saat surut, akan mudah sekali menemukan biota laut yang hidup di dalamnya. Selain ganggang, bintang laut dan teripang adalah contoh biota laut yang banyak terdapat di pantai ini.

"Pasir diPantai Mandalika ini sangat unik karena berbentuk butiran seperti biji merica," tutur Mustafa seraya menunjukan butiran pasir.

Kawasan Pantai Mandalika yang masih asri ini dikelilingi perbukitan yang hijau, terutama pada saat musim penghujan. Pada bagian tengah ada tumpukan karang yang menjorok ke laut. Lokasi ini sangat cocok digunakan oleh penyuka fotografi. Beberapa spot sangat menarik, misalnya dari salah satu bukit yang terletak di Tanjung Aan yang ditumbuhi rumput hijau kita dapat memandang lepas ke arah laut dan memandang garis pantai yang terlihat jelas dan sangat indah.

Di sepanjang pantai dari Pantai Kuta hingga Tanjung Aan atau Mandalika selain tumbuh pohon-pohon yang rindang untuk berteduh juga dilengkapi dengan beberapa gazebo untuk beristirahat. Pantai di sepanjang Kuta, Mandalika hingga Tanjung Aan terbuka untuk umum dan tidak diperlukan tiket masuk, hanya cukup membayar parkir untuk sepeda motor Rp 5 ribu dan mobil Rp 10 ribu kita sudah dapat menikmati keindahannya.

Bila kita berkunjung ke Pulau Lombok dengan menggunakan pesawat, maka dari Bandara Internasional Lombok hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit saja untuk mencapai Pantai Kuta atau Pantai Mandalika. Berbagai penginapan dengan berbagai kelas tersedia di sekitar kawasan wisata Kuta Lombok Tengah.

Pantai yang sangat indah inilah yang akan menjadi ikon wisata pantai di Lombok, NTB setelah Pantai Senggigi di Lombok Barat. Dan kawasan Pantai Kuta termasuk wilayah inti dalam pengembangan Mandalika Resort yang nantinya diharapkan menjadi pusat pariwisata terpadu di Lombok Tengah lengkap dengan berbagai sarana prasarana serta fasilitas wisata kelas dunia.

Bila tidak ada aral melintang, puncak peringatan Hari Pers Nasional 2016 pada tanggal 9 Februari mendatang akan dipusatkan di Pantai Mandalika dan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan para pejabat tinggi negara lainnya, serta masyarakat pers dari seluruh penjuru nusantara.[wid]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00