RMOLSUMSEL

Home     


BULAN DEPAN RENOVASI PASAR PANGKALAN BALAI RAMPUNG
SENIN, 09 NOVEMBER 2015 , 11:16:00 WIB
LAPORAN: ERIK OKTA

RMOL. Penantian ratusan pedagang di Pasar Pangkalan Balai untuk menempati gedung baru tinggal menunggu waktu. Pasalnya Kepala Dinas Pengelola Pasar Kabupaten Banyuasin, Ria memastikan Desember 2015 pembangunan Blok D Pasar Pangkalan Balai selesai dikerjakan.

"Saat ini progres pembangunan pasar sudah mencapai 60 persen. Dan kita pastikan akhir tahun ini selesai pengerjaannya," tegasnya.

Dinas Pengelola Pasar Kabupaten Banyuasin akan kembali menempatkkan ratusan pedagang di Pasar Pangkalan Balai.

Sebelumnya di Agustus 2015 lalu Dinas Pengelola Pasar merelokasi 192 lapak pedagang sayur-sayuran, ikan, cabai, bawang dan buah-buahan. Saat ini 192 pedagang tersebut sudah menempati los dan kios baru di Pasar Pangkalan Balai.

"Relokasi dilakukan karena blok d yang dulunya hanya bangunan semi permanen di ubah dan dibangunkan permanen," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Pasar Pangkalan Balai, Mul'In kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel mengatakan, ratusan lapak, los dan kios pedagang pakaian di Blok D dibongkar menggunakan alat berat.

"Pembongkaran dilakukan atas izin dari pemilik lapak sendiri," lanjutnya.

Karena sebelumnya, mulai 1 Agustus lalu ratusan pedagang pakaian di Blok D diminta mulai membongkar sendiri lapak milik mereka.

"Karena di lokasi tersebut akan dibangun gedung pasar yang lebih refresentatif bagi pedagang dan sekarang mendekati tahap penyelesaian," ujarnya.

Dinas Pengelola Pasar Banyuasin melalui Kepala Pasar Pangkalan Balai mengingatkan, sistem pengundian Blok D Pasar Pangkalan Balai akan dilakukan langsung oleh Bupati dan Kepala Pengelola Pasar Banyuasin.

Tujuannya untuk menghindari gejolak sekaligus transparansi dalam melakukan pengundian lapak, los dan kios pasar.

Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidakjujuran saat pengundian lapak, los dan kios di Blok D Pasar Pangkalan Balai tersebut.

Mul'In menghimbau pedagang tidak perlu khawatir tidak kebagian los atau kios baru di Blok D nantinya.

"Kami sudah mensosialisasikan rencana pengundian tersebut. Disisi lain kami juga telah mendata dan memastikan pedagang lama di Blok D pasti mendapatkan los dan kios baru nantinya," janjinya.

Dinas Pengelola Pasar sendiri lebih mengutamakan pedagang lama untuk menempati los dan kios baru tersebut.
"Penempatan los dan kios baru tidak berdasarkan keinginan pedagang tetapi melalui mekanisme pengundian yang dilakukan Bupati Banyuasin dan kepala Dinas Pengelola Pasar. Pedagang tidak dapat menentukan sendiri lokasi yang diinginkan. Semuanya berdasarkan hasil pengndian," tegasnya.

Dan kepada calon pedagang baru yang hendak menempati los atau kios baru di Blok D diminta bersabar. Tidak menuntup kemungkinan hal itu bisa terjadi.

"Tetapi setelah seluruh pedagang lama mendapat tempat berdagang baru kita fikirkan tempat untuk pedagang baru," ungkapnya.

Dijelaskan Mul'In bangunan pasar baru tepatnya di Blok D tersebut akan dibangun diatas lahan seluas 52X23 meter persegi yang nantinya memiliki 48 kios ukuran 2X4 meter persegi dan 192 los ukuran 2X1 meter persegi. Total ada 240 lapak baru.

Mul'In juga mengingatkan kepada pedagang yang direlokasi untuk tidak takut kehilangan tempat berdagang. Sebab, untuk menempati los dan kios baru tersebut pedagang tidak dikenakan biaya. "Begitu bangunan selesai, undian los dan kios dilakukan setelah itu pedagang dipersilahkan menempatinya tanpa dibebankan biaya apapun," lanjutnya.

Hanya saja setelah menempati tempat yang baru pedagang di ingatkan untuk membayar retribusi harian, bulanan, biaya keamanan dan kebersihan seperti sebelumnya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Itu sudah menjadi tanggungjawab pedagang dan saya tegasnkan untuk tidak terlambat apalagi menunggak," anjurnya.

Dijelaskannya, pembangunan Blok D Pasar Pangkalan Balai baru akan selesai Desember 2015 mendatang.

"Pedagang diminta untuk tetap menjaga kondusifitas," pungkasnya. [yip]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Panwaslu Itu Lembaga Atau Bukan? Kok Enteng Banget Keluarkan Pengumuman
Persiapan Tes Sekda OKU, Kadin Ini Rajin Baca Buku
Kasus PHK Sepihak Koran Sindo Siap Disidangkan