RMOLSUMSEL

Home     


LUAR BIASA MANFAAT MEDITASI ATAU YOGA
SABTU, 07 NOVEMBER 2015 , 11:30:00 WIB

RMOL. Meditasi dan yoga bisa membantu Anda mendapatkan relaksasi dan kesehatan yang lebih baik.Penelitian yang dilakukan di Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine melatih 4.400 pasien teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi. Sebuah kelompok kontrol dari 13.000 pasien tidak berlatih teknik relaksasi.

Peneliti menemukan setelah satu tahun, mereka yang berlatih relaksasi memiliki penurunan kunjungan mereka ke dokter sebesar 42 persen, penurunan tes laboratorium sebesar 44 persen dan prosedur sebesar 21 persen. Pelayanan kesehatan digunakan oleh kelompok kedua tetap sama.

Juga, kunjungan ke unit gawat darurat turun menjadi sekitar 1,7 persen dari 3,7 setelah berlatih teknik relaksasi tahun sebelumnya.

Pasien yang mengalami penurunan paling menguntungkan adalah mereka dengan kardiovaskular, muskuloskeletal, neurologis dan masalah pencernaan.

“Bukti selama beberapa dekade terakhir telah mengaitkan praktik seperti meditasi dan yoga untuk perubahan fisiologis yang bermanfaat dalam tubuh mulai dari fungsi jantung yang lebih baik hingga pengurangan peradangan," kata peneliti Dr. James Stah, seperti dilansir dari laman JPNN, Sabtu (7/11).

Meditasi atau Yoga?

Meskipun meditasi dan yoga mungkin sangat berbeda, mereka memiliki satu tujuan yang sama dan penting yakni membuat tubuh dan pikiran santai pada saat yang sama.


Berikut ini manfaat meditasi:

1. Penurunan tekanan darah pada orang yang berlatih meditasi ditemukan dalam penelitian yang dikutip oleh Science Direct.

2. Bisa mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar, membantu orang dengan insomnia dan mengurangi penyakit pernafasan akut menurut National Center for Complementary and Integrative Health.

3. Dalam satu studi, biaya perawatan medis setelah 5 tahun turun sebesar 28 persen.

Manfaat yoga:

1. Mengurangi nyeri punggung.

2. Menurunkan depresi, stres dan insomnia.

3. Denyut jantung dan tekanan darah lebih rendah.

4. Meningkatkan kebugaran fisik, kekuatan dan fleksibilitas.[ida]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Angka TFR Tinggi, BKKBN Sumsel Bidik Pasangan Usia Subur
Perangkat Desa di Lahat Makin Nyaman
Waspadalah.. Waspadalah.. Difteri Juga Menyerang Orang Dewasa