RMOLSUMSEL

Home     


HARI INI PILKADES 161 DESA DI KABUPATEN BANYUASIN DIMULAI
YAN ANTON: MARI KITA SUKSESKAN PESTA DEMOKRASI
SABTU, 24 OKTOBER 2015 , 10:28:00 WIB
LAPORAN: ERIK OKTA

  

RMOL.Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian SH begitu bersemangat menyambut pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilaksanakan serentak di 161 desa se Kabupaten Banyuasin.

Pagi ini Yan Anton Ferdian menghadiri pemilihan suara di Desa Tanjung Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Warga desa Tanjung Agung terdata sebanyak 793 daftar pemilih tetap (DPT) 793 berhak memilih 2 calon Kepala Desa periode 2015-2021. Calon pertama atas nama Ahmad Rifai dan calon kedua Dodi Musriyanto.

Dalam sambutannya Yan Anton Ferdian mengatakan, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuasin memulai pelaksanaan  pemilihan kepala desa (Pilkades) Tahun 2015 menggunakan sistem e-voting.

Pilkades dilaksanakan di 161 desa baik di daratan maupun di perairan.   Jadwal pelaksanaan Pilkades dimulai pada 24 Oktober 2015 dan berakhir pada 17 Desember 2015 mendatang.

Hari pertama 24 Oktober pelaksanaan Pilkades e-voting berlangsung di 5 Kecamatan berbeda dan berlaangsung dua sesi. "Sesi pertama di kecamatan Betung, Suak Tapeh dan Banyuasin III. Sementara sesi kedua di kecamatan Sembawa dan Rantau Bayur. Di hari pertama ini ada 16 desa yang menggelar pemilihan," kata Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian SH kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel.

Pilkades hari pertama di 16 desa ini menjadi tolak ukur keberhasilan Pemkab Banyuasin selaku penyelenggara pesta demokrasi ditingkatan desa. Untuk itu persiapan pra pelaksanaan jauh-jauh hari telah dirancang sedemikian rupa guna meminimalisir tingkat kesalahan pada saat pelaksanaan nantinya.

"Satu hari sebelum pelaksanaan, tepatnya 23 Oktober 2015 mendatang tim dari Dishubkominfo dan BPMPD Banyuasin sebanyak 70 personil sudah terjun ke desa-desa yang akan mengelar Pilkades e-voting. Personil ini bertugas menempatkan, merangkai dan melakukan uji coba perangkat E-voting dan melakukan simulasi Pilkades secara langsung kepada calon pemilih," jelasnya.

Setelah alat ditempatkan di posko pelaksanaan tim mulai menggelar sosialisasi dan demonstrasi metode Pilkades e-voting kepada masyarakat calon pemilih.

"Waktu pelaksanaan sosialisasi dan demonstrasi berlangsug 1 hari," ujarnya.

Sosialisasi dan demonstrasi ini diperlukan agar masyarakat calon pemilih nantinya sudah mengetahui secara langsung prosesi Pilkades yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Banyuasin ini.

"Agar nantinya pada saat pelaksanaan prosesi berlangsung sesuai jadwal yang telah ditentukan," lanjutnya.

Sedangkan waktu pelaksanaan berjalan selama 5 jam saja. Dimulai pukul 08.00 WIB dan ditutup sampai dengan pukul 13.00 WIB. Setelah ditutup proses pemilihan agenda berlanjut ke penghitungan suara secara elektronik.

"Hasil penghitungan suara sudah diketahui dan diumumkan dihari yang sama," jelasnya.

Dishubkominfo telah menyiapkan dan melatih SDM yang akan diterjunkan saat pelaksanaan Pilkades. "SDM sejak awal bulan lalu menjalani traning penggunaan dan pemasangan tehnologi e-voting. Saat ini sudah 70 orang telah lulus traning yang pada 19-21 Oktober seluruhnya di sertifikasi," pungkasnya. [yip]


Baca juga:


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer