Pembukaan Palembang Expo 2015

Wagub Apresiasi Promosi Kerajinan Khas Palembang

 KAMIS, 04 JUNI 2015 , 22:09:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Wagub Apresiasi Promosi Kerajinan Khas Palembang

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Ishak Mekki didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ucok Hidayat buka Palembang Expo 2015

RMOL. Kegiatan Palembang Expo 2015, resmi dibuka hari ini oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Ishak Mekki didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ucok Hidayat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Palembang.

Sebelum membuka secara resmi, Ishak Mekki mengapresiasi kegiatan Palembang Expo yang diselenggarakan Pemkot Palembang dengan menampilkan kerajinan tangan khas Palembang, yang diproduksi putra daerah, melalui peragaan fashion show.

"Hasil kerajinan tangan khas Palembang, benar-benar cantik dapat dibuat dengan fashion yang menarik. Ini harus dapat menjadi promo bagi wisatawan yang datang ke Palembang," ungkapnya saat menyampaikan kata sambutan pembukaan Palembang Expo 2015 di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Kamis (4/6).

Ishak berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, dapat membantu mempromosikan kain khas Palembang seperti songket dan jumputan.

Dirinya bahkan mengajak, seluruh masyarakat untuk memakainya. Termasuk, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan memakai seragam dari jumputan atau motif songket.

"Siapa lagi yang akan mempromosikan kain tradisional ini, kalau bukan kita sebagai warga Palembang. Saya harap, ini bisa diterapkan. Kan bisa dipakai jadi seragam setiap Kamis," jelasnya.

Langkah dinilainya, adalah hal yang utama, dalam mempopulerkan, kain khas Palembang ini.

"Jika kita tidak memulainya, bagaimana bisa populer. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mempromosikan sampai ke mancanegara," harapnya.

Melalui pameran Palembang Expo untuk menyambut HUT Kota Palembang ke-1332 ini juga, dapat dijadikan ajan promosi. Panitia penyelenggara, harus mengutamakan stand untuk hasil kerajinan tangan Palembang.

"Melalui event seperti Palembang Expo, maka promo terhadap masyarakat mengenai pengolaan kain jumputan, akan memancing minat masyarakat. Jadi, panitia harus mengutamakan stand kerajinan tangan khas Palembang," tutupnya.

Sementara itu, Sekda Kota Palembang Ucok Hidayat mengatakan saat sambutan,  event Palembang Expo 2015 ini adalah event rutin tahunan yang diadakan Pemkot Palembang dalam menyemarakkan HUT Kota Palembang ke 1332.

Melalui ini, Diharapkan, Palembang Expo dapat menjadi salah satu wadah bagi khususnya UMKM untuk mempromosikan produk-produknya sehingga bisa dikenal oleh masyarakat.

"Kegiatan ini menampilkan produk dan jasa unggulan kerajinan dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM). Bukan hanya dari Palembang saja, tapi juga dari berbagai kota lain di Indonesia. Ada 100 stan yang ikut partisipasi, 15 stan dari luar Kota Palembang. Seperti dari Lampung, Jawa Tengah dll," jelas Ucok yang juga Ketua Pelaksana Palembang Expo 2015.

Dalamkegiatan ini, Pemkot Palembang melalui Disperindagkop Kota Palembang, menargetkan selama penyelengaraan acara sampai 7 Juni 2015, jumlah transaksi yang dapat tercapai dalam kegiatan Palembang Expo sebesar Rp 10 miliar.

"Itu semua akan dihasilkan stand yang hampir semua diisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan BUMD dan BUMN sekota Palembang," jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang sebagai penyelenggara mengungkapkan, Palembang Expo tahun ini diikuti dari berbagai sektor yang ada, yang hampir seluruhnya diikuti oleh UMKM binaan.

Pada tahun ini, jelasnya kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, kita memang menargetkan Rp 10 miliar, dan mudah-mudahan dapat tercapai karena diikuti 100 stan yang semuanya sudah terisi penuh.

"Ada berbagai sektor perdagangan, kuliner, hasil kebudayaan, dan lainnya kita yakini dapat menarik jumlah transaksi yang cukup besar tahun ini. Mangkanya, kami yakin, target 10 miliar dapat tercapai," tandasnya. [yip]



Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

SELASA, 17 APRIL 2018 , 11:00:00

Jalan Cor Batu Kuning Telan Korban”

Jalan Cor Batu Kuning Telan Korban”

SENIN, 12 MARET 2018 , 15:20:00

Progres Taman LRT

Progres Taman LRT

SELASA, 06 MARET 2018 , 10:59:00

Paslon Pagaralam Duduk Bersama

Paslon Pagaralam Duduk Bersama

JUM'AT, 02 MARET 2018 , 10:57:00