Empat Warisan Budaya Sumsel Diajukan ke Kemenbudpar

Budaya  KAMIS, 28 MEI 2015 , 08:07:00 WIB | LAPORAN: AAN WAHYUDI

Empat Warisan Budaya Sumsel Diajukan ke Kemenbudpar

Senjang, pantun bersahut ala Muba/net

RMOL. Guna melestarikan budaya asli daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan mengajukan ke Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata 4 warisan budaya.

Warisan budaya Sumsel yang diajukan adalah bolu delapan jam dan 3 kesenian daerah seperti Perahu Kajang dari  OKI, Senjang (pantun bersahut) dari Musi Banyuasin, dan Jelihiman (cerita panjang atau sastra tutur dari  OKI dan OI).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan, upaya tersebut merupakan langkah untuk menjaga warisan budaya asli Bumi Sriwijaya yang hampir punah seiring perkembangan zaman.

“Sebagai wujud kepedulian untuk menjaga warisan budaya leluhur asli bumi Sriwijaya agar lebih dikenal nasional hingga mancanegara," katanya saat ditemui, Rabu (27/5).

Dia menambahkan, pihaknya juga telah berusaha mengusulkan agar Lempok Durian yang berasal dari Kabupaten Empat Lawang sebagai makanan tradisional asal Sumsel.

Hanya saja, makanan sejenis juga banyak ditemui di provinsi lain. Sehingga, usulan tersebut kandas dipatenkan.

"Kami akan terus mendorong agar keempat warisan budaya tak benda milik Sumsel ini bisa lulus seleksi baik dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata maupun pada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)," ujarnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00