Tongkang Super Besar Tutupi Desa

Sosial  RABU, 06 MEI 2015 , 11:38:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Tongkang Super Besar Tutupi Desa

RMOLSUMSEL

RMOL.Warga Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin mengeluhkan aktivitas pengangkutan tanah menggunakan tongkang berukuran super besar yang ditarik perahu tugboat oleh sebuah perusahaan menggunakan jalur transportasi  perairan.

"Bagaimana tidak khawatir, tongkang super besar tersebut saat melintas di jalur perairan membuat seluruh jalur tertutupi. Kondisi ini ditakutkan warga karena saat tongkang melintas angkutan air lainnya yang dinaiki warga tak lagi mampu melintas," kata Haji Asik, warga Desa Muara Padang, kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, Selasa (5/5).

Ukuran tongkang yang super besar itu, lanjut dia, membuat jalur perairan tertutupi.

"Jadi saat kami menaiki ukuran kecil saja tak bisa lewat. Masyarakat terkadang harus memutar haluan kapal hingga berkilo-kilo meter mencari sela agar bisa melintas," ungkapnya.  

Parahnya lagi, kondisi tersebut sudah berlangsung beberapa bulan belakangan.

"Apalagi jumlah tongkang yang melintas perhari mencapai puluhan. Bayangkan kesulitan yang kami hadapi," jelasnya.

Selain sulit melintas, warga juga takut terjadi terjadi kecelakaan saat melintas.

Hebatnya lagi, tongkang pengangkut tanah tersebut digunakan sebagai sarana menimbun rawa guna pembangunan perusahaan yang berkedudukan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Selain itu belakangan diketahui tongkang itu sering menabrak jembatan di desa kami. Bahkan pernah saat menabrak tongkang itu kami kejar dan mereka melarikan diri," bebernya.

Apalagi, aktivitas pengangkutan tanah menggunakan tongkang itu berlangsung sepanjang hari, bahkan hingga tengah malam.[rik]


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00