RMOLSUMSEL

Home     


KALAH TELAK, INDONESIA SEMAKIN SULIT LOLOS SEMIFINAL
SELASA, 25 NOVEMBER 2014 , 19:01:00 WIB

STRIKER FILPHINA PHILIP YOUNGHUSBAND BERJIBAKU DENGAN KAPTEN TIM INDONESIA FIRMAN UTINA/NET
  

RMOL. Peluang Indonesia melaju ke babak semifinal Piala AFF 2014 kian tipis. Itu terjadi setelah Indonesia ditekuk Filipina dengan skor telak 0-4 (0-1) pada laga kedua di My Dinh Stadium, Selasa (25/11) sore WIB.

Sebaliknya bagi Skuad The Askalz, kemenangan yang diraihbukan hanya memastikan skuad besutan Thomas Dooley melaju ke semifinal namun juga sejarah baru tim Filiphina.

Petaka Indonesia dimulai ketika Filipina sukses mencetak gol melalui penalti Phil Younghusband pada menit ke-15. Penalti diberikan setelah Firman Utina melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Ketinggalan satu gol ternyata tak membuat permainan Indonesia membaik. Alih-alih makin bagus, performa Firman Utina dkk justru kian amburadul pada paruh kedua pertandingan.

Filipina berhasil menggandakan keunggulan lewat gol spektakuler Manuel Ott pada menit ke-52. Saat itu, Ott mampu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Martin Steuble menambah keungggulan Filipina pada menit ke-68. Steuble memanfaatkan kelengahan pertahanan Indonesia yang terlalu banyak protes ketika Kurnia Meiga dianggap menangkap bola back pass.

Indonesia kian menderita setelah Rizky Pora diganjar kartu merah akibat melanggar Younghusband pada menit ke-72. Pesta gol Filipina ditutup lewat donasi Rob Gier pada menit ke-79.

Kemenangan itu membuat Indonesia duduk di posisi ketiga dengan koleksi satu angka. Sementara, Filipina memastikan diri melaju ke babak semifinal. Bukan hanya kian sulit mengamankan tiket ke babak semifinal, dominasi Indonesia atas Filipina akhirnya patah. Itu adalah kekalahan pertama Indonesia sepanjang sejarah pertemuan kontra Filipina.

Sebelum laga itu, kedua tim pernah bertemu dalam 21 pertandingan. Hasilnya, Indonesia berhasil memetik 19 kemenangan dan dua hasil imbang. Laman Goal, Selasa (25/11) menulis, hasil seri tejadi pada 23 November 1997 dan 5 Juni 2012 silam.

Sebelumnya, Indonesia memang sangat superior dibanding Filipina. Pasukan Garuda pernah memperlakukan Filipina dengan skor telak 12-0 pada Piala Presiden, 25 September 1972 silam.

Selain itu, Indonesia juga pernah menumbangkan Filipina dengan skor sangat telak 13-1 pada Piala Tiger, 23 Desember 2002 lalu. [yip]



Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ini Strategi Sriwijaya FC Melawan PSM Makasar
Guru Olahraga di OKU Raya Dilatih Pebasket Amerika
Fantartis! Timnas Indonesia Menang Super Besar 18-0