Dihantam KA, Penumpang dalam Bus Ini Selamat

Kriminal  SENIN, 26 MEI 2014 , 18:10:00 WIB

Dihantam KA, Penumpang dalam Bus Ini Selamat

Bus ALS ini hanya mengalami rusak bagian samping. RMOLSumsel

RMOL. Bus Antar Kota Antar Provinsin (AKAP) ALS nopol BK 7353 DF jurusan Jakarta - Medan berpenumpang 20 orang disambar kereta api (KA) lokomotif di perlintasan tanpa palang pintu di kawasan Desa Manggul, Kecamatan Lahat, Senin (27/5) sekitar pukul 14.00 WIB.

Informasi yang diperoleh, kejadian itu bermula ketika bus AKAP yang dikemudikan, Asri (25) warga RT 02/01 Dusun Sidomulyo, Bangun Rejo, Kabupaten Lampung Tengah saat melintasi perlintasan KA tapi mendadak mesin mobil mati.

Beruntung, kru bus sudah menurunkan penumpangnya setelah  5 menit berselang datang lokomotif kereta api yang langsung menyambar bagian samping kiri belakang badan bus itu.

"Kami  sudah berusaha memperbaiki bus, tapi memang masih ada gangguan mesin, jadi bus tidak bisa bergerak," ungkap Asri.

Terpisah, Kasatlantas Polres Lahat AKP Agung Adhytya membenarkan ada kejadian tabrakan antara KA dan Bus ALS. Beruntung tidak ada korban jiwa, ada gangguan pada mesin bus sehingga mati mendadak di tengah rel KA.

"Tak ada korban jiwa, mobil sudah berhasil dievakuasi," ujarnya.

Masinis lokomotif kereta dari arah Muara Enim menuju Lahat itu  sempat melakukan pengereman dari kejauhan, sehingga tabrakan tidak terlalu kuat. Bus hanya rusak ringan pada badan bus dan kaca jendela pecah.

"Sangat disayangkan tidak ada palang pintu. Mari kita baca lagi UU perkeretaapian, biar jelas siapa yg bertanggung jawab membuat palang
pintu rel KA," ujar Kasatlantas.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Lahat, Marwan Mansur  yang langsung ke lokasi mengatakan, kedepan pihaknya akan menempatkan petugas untuk berjaga di lokasi yang belum dipasang palang pintu.

"Kita bakal segera berkoordinasi dengan PT KAI, sehingga bisa lebih aman," ungkapnya. [asa]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00