Perahu "Terbakar" di Sungai Musi

Sosial  KAMIS, 13 FEBRUARI 2014 , 13:14:00 WIB

Perahu

Benteng Kuto Besak Palembang

RMOL. Kobaran api melalap sebuah perahu penumpang di perairan Sungai Musi, Kamis (13/2). Kebakaran berlangsung 12 menit, namun berhasil dipadamkan oleh para petugas Penangulangan Bencana Bahaya Kebakaran (PBBK) Kota Palembang.

Tak hanya itu. Lima penumpang perahu yang terbakar dengan terjun ke sungai. Tapi saat itu juga mereka berhasil diselamatkan petugas Tanggap Siaga Bencana (Tagana) Kota Palembang dengan menggunakan teknik vertical rescue melalui penyelamatan perahu karet.

Aksi penyelamatan yang dramatis tersebut, sempat menjadi perhatian masyarakat yang melintas di area plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Simulasi menghadapi bencana kebakaran yang dapat terjadi kapanpun di perairan Sungai Musi itu, dinilai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang, Faizal, bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang upaya teknik penyelamatan, evakuasi dan kordinasi dalam menghadapi bencana.

"Apel Siaga Tagana 2014 ini salah satu persiapan kalau sewaktu-waktu ada bencana, tapi kita harapkan tidak ada terjadi bencana" katanya kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel.  

Faizal mengatakan, simulai ini melibatkan sejumlah unsur aparatur pemerintah termasuk TNI, Polri, PBBK, BUMN dan BUMD. Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) Kota dan Provinsi, memperlihatkan kesiapan Tagana kota Palembang dalam simulasi tersebut.

"Untuk penyelamatan di air,  kita memiliki perahu karet dan tim reaksi cepat yang selalu berkoordinasi dengan pihak terkait," tambahnya. [dis]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00