Banyak Caleg Hanya Mendompleng di Partai

Politik  SABTU, 04 JANUARI 2014 , 14:26:00 WIB

Banyak Caleg Hanya Mendompleng di Partai

Pemilu 2014

RMOL. Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) ini, para calon legislatif mulai menjalankan iklan kampanye untuk mencari simpati dan suara. Hanya saja para caleg terkadang lupa dengan ideologi partai hingga hanya mementingkan dirinya sendiri.

Diakui salah satu caleg DPR-RI dari Partai Keadilan dan Persatuan (PKPI),  Febuar Rahman SH,  arah partai sebagai pejuang kepentingan orang banyak dirasa mulai tak jelas.  Sehingga partai dinilai hanya mewakili kepentingan pribadi.

"Secara real ideologinya tak jelas, proses rekrutmen tak jelas.  Pendidikan politik tak ada.  Sehingga wajar kalau hanya dianggap sebagai perahu, tanpa ada loyalitas dari kader," ujarnya yang dibincangi Rakyat Merdeka Online Sumsel, beberapa waktu lalu.

Misalnya, kader partai tidak bisa dianggap sebagai representasi dari Parpol. Ini berkenaan dengan ideologi yang diusung partai yang terlihat dari kader-kader yang ada di internal. Sehingga lebih jauh masyarakat hanya melihat kader Parpol dari kelebihan yang mereka punya.

"Saya menjual diri saya. Apa kelebihan yang saya punya. Parpol cuma perahu saja," tukasnya.

Dijelaskannya,  partai tidak memberikan kontribusi materi pendidikan bagi kader. Malah seringnya pengurus partai bersaing,  karena mereka yang berada di kepengurusan sedang bertarung di Pileg. 

"Misalnya caleg, semua berjalan sendiri-sendiri. Cuma murni jadi perahu saja," tambahnya.

Hal yang sama diakui  Ketua DPD Partai Hanura Sumsel, Arkoni MD yang  mengatakan hal tersebut bisa saja terjadi, karena saat ini para Caleg memang sibuk bergerak sendiri-sendiri untuk meraup suara.  Namun dia yakin Caleg Hanura semuanya tetap mementingkan partai berdasarkan ideologi kepartaian.

Sehingga ia memaklumi saat banyak kader Hanura yang menjadi Caleg tidak hadir pada perayaan HUT Hanura ke-7 yang berlangsung hari ini, Sabtu (4/1) di Kantor DPD Hanura Sumsel.

"Itu bisa saja,  tapi para Caleg Hanura semua bergerak bukan hanya memanfaatkan Partai," tegasnya.

Dia mengatakan, Partai Hanura tidak menuntut para Caleg untuk memberikan kontribusi terutama dalam hal materi. Caleg hanya dituntut mensosialisasikan Partai Hanura kepada Masyarakat.

"Itu saja yang kita tuntut.  Kita tidak menuntut lebih apalagi kontribusi yang bersifat materi," terangnya.  [Ang/Aar]
 

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00