Wow, 2040 Tiga per Empat Wilayah Palembang Akan Terendam Banjir

 SENIN, 16 DESEMBER 2013 , 15:04:00 WIB

Wow, 2040 Tiga per Empat Wilayah Palembang Akan Terendam Banjir

Ilustrasi/Net

RMOL. Zainuddin Muchtar, Pengamat  Air dari Tehnik Sipil Politeknik (Polsri) Negeri Sriwijaya Palembang memprediksi  pada 2040, tiga perempat Wilayah Kota Palembang akan terendam banjir menyusul Kota Palembang termasuk salah satu wilayah rendah (0-4 meter dibawah permukaan laut/mdpl).
 
Zainuddin Muchtar mengatakan, dampak dari banjir tersebut bisa melumpuhkan roda perekonomian kota.

"Sekarang saja sudah banyak kerugian dialami warga akibat banjir. Genangan air merusak properti pribadi, maupun infrastruktur umum. Sehingga perlu ada kebijakan yang mengatur soal masalah saluran pembuangan air agar tak terlambat," ujarnya, Minggu kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel,  (15/12).

Potensi banjir besar bisa terjadi di  Palembang akibat pembangunan kota tidak diiringi dengan peraturan yang berpihak pada situasi kota. Padahal perlu ada kebijakan agar perkembangan kota dapat bertahan lama sekaligus menstabilkan sosial ekonomi warga yang kerap terendam air, mengingat 70 persen wilayah kota ini merupaka dataran rendah.

Menurutnya, untuk mengantisipasi agar banjir tidak semakin parah, setidaknya Pemerintah Kota Palembang mengeluarkan  kebijakan untuk memperbanyak kolam serapan di Wilayah Kota Palembang.

Disamping itu harus ada pembagian areal untuk pembuatan daerah resapan  di tempat- tempat   yang sedang dibangun atau sedikitnya menyisakan sepertiga areal untuk dibuat kolam retensi atau lingkungan hijau.

"Ini untuk alokasi air yang jatuh saat hujan sehingga tidak membentuk genangan atau banjir di areal tersebut," ujarnya.

Hal lain, terang dia,  agar tidak menjadikan Sungai Musi sebagai penampung air, pasalnya  beban yang harus ditampung tidak sebanding dengan kedalaman sungai.

"Dinding sungai juga lemah akibat terjangan air yang berada di hulu, dan kecepatan air yang melaju akibat hilangnya daerah serapan berupa hutan di hulu sungai memperburuk hal tersebut," jelas dia.

Dalam laporan penelitian ssitus mongabay, urainya  Palembang merupakan salah satu dari  10 kota di kawasan Asia Tenggara yang merupakan penderita kerugian tertinggi akibat banjir. Terburuk, dalam laporan penelitian yang diterbitkan oleh situs mongabay menyebut kesepuluh kota itu akan lumpuh oleh banjir jika kebijakan publik tidak dievaluasi.[ang]

Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00